Bingung Bawa Berapa Baju Saat Umroh?

Pakaian saat berangkat umroh

Assalamualaikum Sahabat Elman. Kalau berangkat Umroh kira-kira berapa banyak pakaian yang harus kita bawa? Artikel ini akan menjawab kebutuhan Sahabat. Mulai berapa banyak jumlah baju hingga jenis baju apa saja yang wajib ada.

Persiapan Pakaian dan Baju Saat Umroh

Sebelum membahas jumlah baju, ada beberapa poin yang perlu untuk mempersiapkan pakaian saat perjalanan Umroh. Seperti :

Peraturan Berpakaian di Tanah Suci

Ada peraturan berpakaian yang diterapkan di tanah suci. Semua pengujung yang mengunjungi tanah suci wajib menaati dan memperhatikan peraturan ini. Untuk pria berpakaian menutup aurot dengan baik. Sedangkan wanita mereka memakai pakaian yang longgar dan tidak ketat. Menutupi seluruh tubuh termasuk rambut dan leher.

Memilih Pakaian dan Baju yang Nyaman

Saat tiba di tanah suci Sahabat akan berada di lingkungan yang padat dan panas. Oleh karenanya Sahabat perlu membawa pakaian dan baju yang nyaman.

Memilih Bahan yang Nyaman

Selain nyaman bahan pakaian juga jadi pertimbangan. Saat di sana Sahabat sebaiknya membawa pakaian atau baju yang terbuat dari bahan katun atau linen. Karena kedua bahan ini dapat menyerap keringat dengan baik.

Pakaian yang Mudah Dibersihkan

Saat berada di Tanah Suci, Sahabat akan melakukan aktivitas yang membuat pakaian mudah kotor. Untuk itu sebaiknya membawa pakaian yang mudah bersih dan cepat kering.

Jumlah Pakaian untuk Umroh

Setelah memahami kebutuhan di atas, berapa banyak jumlah pakaian atau baju yang perlu Sahabat bawa? Yuk, kita bahas di sini.

Sesuaikan dengan Durasi Paket Umroh

Berapa banyak pakaian tergantung pada jumlah hari pada paket umroh. Jika Anda memilih paket 9 hari, anda hanya perlu menyiapkan pakaian kurang lebih 9 sampai 10 baju. Sedangkan jika anda memilih paket 13 atau 16 hari, jumlah pakaian yang sebaiknya anda persiapkan kurang lebih 14 hingga 17 baju. Namun semua tergantung kebutuhan. Jangan sampai kekurangan atau terlalu berlebihan.

Persiapkan Pakaian untuk Aktivitas yang berbeda

Saat umroh, jamaah akan melakukan berbagai macam aktivitas yang berbeda. Mulai dari ibadah di Masjidil haram, berjalan di lingkungan sekitar yang padat dan panas serta berkunjung di tempat ziarah lainnya. Untuk itu anda perlu membawa pakaian yang berbeda untuk dikenakan pada aktivitas yang berbeda.

Persiapkan Baju Sesuai dengan Musim di Arab Saudi

Selain memperhatikan jumlah baju, anda juga harus memperhatikan musim di Arab Saudi. Jika umroh anda jatuh di musim panas, sebaiknya anda membawa pakaian yang berbahan menyerap keringat dengan baik. Sementara jika umroh jatuh di musim dingin, sebaiknya anda membawa pakaian yang bisa menghangatkan tubuh saat berada di sana.

Menyiapkan Baju yang Mudah Dipakai dan Disimpan

Jangan membawa pakaian atau baju yang sulit untuk dirapikan. Mengapa? Karena saat berada di sana anda akan berpindah hotel di Mekkah dan Hotel di Madinah. Pakaian yang mudah disimpan akan menghemat waktu dan tempat.

 

 

 

 

Scroll to Top